Article Detail

MOPDB 15 JULI 2020 SMP ST. YOSEF

Surabaya- Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) SMP St. Yosef telah memasuki hari ketiga pada 15 Juli 2020. Program MOPDB 2020 ini diadakan pada 13-17 Juli 2020. Untuk hari ketiga ini, SMP St. Yosef memperkenalkan Program dan Cara Belajar. Para peserta didik baru tetap mengikuti MOPDB ini dari rumah masing-masing secara daring.

Margareta Fitri Agustina, S.Si., atau yang biasa dipanggil Fitri menjelaskan materi program dan cara belajar dalam 4 poin, yakni Kurikulum Cc5+ Tarakanita, Penilaian Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan Cara Belajar Efektif. Hal yang khas dari sekolah-sekolah Tarakanita adalah Kurikulum Cc5+. Kurikulum Cc5+ Tarakanita merupakan perpaduan antara kurikulum 2013 dengan nilai-nilai Cc5+ Tarakanita: Compassion, Celebration, Conviction, Creativity, Competence, Community, Kejujuran, Kedisiplinan dan KPKC (Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan). Selain itu SMP St. Yosef juga mengajarkan keterampilan abad 21, yaitu cara berpikir kritis, berkolaborasi dengan sesama teman, bapak dan ibu guru, komunitas sekolah, bagaimana berkomunikasi yang baik, dan lain-lain.

Ada tambahan yang menarik dalam Daftar Mata Pelajaran yang disampaikan Fitri, yakni Pendidikan Karakter Tarakanita (PKT). PKT ini ialah kegiatan terprogram bertujuan untuk membimbing, melatih, dan mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi pribadi yang utuh, dewasa, dan mandiri berkarakter Cc5+.

Untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi, SMP St. Yosef telah siap melakukan pembelajaran melalui media video conference (Zoom, Google Meet, Microsoft 365, aplikasi lain), video pembelajaran, youtube, instagram, WAG (WhatsApp Group), Google Classroom, dan lain-lain. Untuk itu Fitri berpesan agar peserta didik dapat menggunakan gadget secara bijak sebagai sumber belajar yang bermanfaat.

MOPDB hari ketiga ini ditutup dengan ibadat penutup yang dipimpin oleh Agustinus (Guru PPKn). Semoga peserta didik baru selalu semangat dalam membangun masa depan yang cerah...

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment