Article Detail

Belajar dari Rumah Bersama Guruku

Surabaya – Tahun Ajaran 2020/2021 harus bermula di masa new normal karena adanya pandemi Covid-19. Hal itu membuat Dinas Pendidikan Kota Surabaya bersama stasiun televisi lokal Surabaya SBO TV menyelenggarakan program televisi “Belajar dari Rumah Bersama Guruku”. Program ini berlangsung untuk siswa-siswi sekolah dasar (SD) setiap hari Senin-Jumat dengan jadwal tayang kelas 3-4 pukul 07.00 WIB, kelas 1-2 pukul 09.00 WIB, dan kelas 5-6 pukul 11.00 WIB. Selain di televisi, SBO TV juga menyiarkannya secara live streaming di sbo.co.id/live.

Pembelajaran setiap kelas diberikan oleh guru-guru dari sekolah yang berbeda-beda. Seperti hari ini Selasa, 4 Agustus 2020, pembelajaran kelas 1 diberikan oleh Muhammad Alfi Zainudin, S.Pd. dari SDN Airlangga III/200, kelas 2 oleh Wahyu Intan Wulandari, S.Pd. dari SDN Siwalankerto II/419, kelas 3 oleh Yeny Erawati, M.Pd. dari SDN Mojo VI/225, kelas 4 oleh Hari Santoso, M.Pd. dari SDN Rungkut Menanggal 1/582, kelas 5 oleh Aminah Nudiya L., S.Pd. dari SDN Lakar Santri II, dan puji Tuhan Yayasan Tarakanita Surabaya turut ambil bagian dalam pembelajaran kelas 6 yang diberikan oleh Maria Shinta Dewi, S.Pd. dari SD R.A. Kartini.

Pelajaran di setiap kelas tetap mengikuti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum yang berlaku di masa pandemi. Tampak pada hari ini bahwa semua kelas sudah memasuki pelajaran tema 2 dengan sub tema 1. Sebagai contoh, di kelas 6 pelajaran dalam tema 2 adalah Persatuan dalam Perbedaan dengan sub tema 1 “Adaptasi Makhluk Hidup.”

Siswa SD di seluruh Surabaya pun mengikuti pembelajaran ini dengan antusias. Hal itu ditunjukkan dengan adanya banyak pertanyaan pada sesi tanya jawab di setiap kelas. Contohnya Atalina Sabrina, siswi SDN Ngagelrejo 1 Surabaya, menanyakan bunga Raflesia Arnoldi beradaptasi dengan cara apa. Shinta menjawab bahwa bunga Raflesia Arnoldi beradaptasi dengan cara mengeluarkan bau yang menyengat. Tidak lupa setiap guru juga memberikan tugas kepada siswa-siswinya.


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment