Article Detail

TEMU TENAGA KEPENDIDIKAN YAYASAN TARAKANITA KANWIL SURABAYA

Guna menyikapi dinamika dunia pendidikan, serta meningkatkan kualitas akademik-non akademik dan karakter Tarakanita, Yayasan Tarakanita Kanwil Surabaya mengadakan pertemuan bersama seluruh tenaga kependidikan (Tata Usaha) di Ruang Media SMA St. Carolus Surabaya, Sabtu 14 Maret 2015. Pertemuan diikuti 38 orang dari 39 orang TU. Sebagai Narasumber adalah Kabag. Personalia Kanwil Surabaya yayasan tarakanita, Bp. Sebastianus Sugianto.

Menindaklanjuti  dinamika tersebut dibutuhkan ”Strategi” yang tepat guna, relevan dan sesuai dengan Visi dan Misi Yayasan Tarakanita. Maka pokok bahasan pertemuan yang dicanangkan adalah ” Manajemen Kinerja dan Strategi Organisasi Tarakanita”.

Keberadaan tenaga kependidikan di lembaga pendidikan seperti Yayasan Tarakanita, menjadi bagian integral dalam kerangka meningkatkan profesionalisme karyawan secara menyeluruh, baik tenaga pendidik maupun kependidikan. Fungsi tenaga kependidikan            adalah penunjang terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran peserta didik, dengan tetap memprioritaskan implementasi Visi Misi Lembaga melalui Cc5 plus KPKC serta Kejujuran dan Kemandirian.

Dari hasil diskusi kelompok terungkap adanya pemahaman yang variatif terhadap fungsi, tugas dan tanggungjawab para tenaga kependidikan. Mayoritas peserta sangat memahaminya. Yang membedakan adalah adanya aneka faktor penghambat yang bersumber pada adanya tugas-tugas mendadak yang harus segera diselesaikan, disamping adanya tugas rutin sesuai UTW. Hambatan ini segera teratasi karena telah ada fasilitas sarana-prasarana yang memadai.

Meskipun demikian ada upaya untuk terus meningkatkan kapabilitas dan karakter SDM, serta mengoptimalkan penggunaan dan pengembangan sarana prasarana.

Harapan peserta selanjutnya adalah adanya pertemuan rutin tenaga kependidikan sebagai sarana menjalin relasi yang lebih intens serta menjadi sarana pembelajaran guna meningkatkan kualitas SDM.
Pertemuan berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 14.30. (FXM)
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment