Article Detail
The Power of Speaking
Ada faktor besar dari Psikologi Sosial: Denomitor Umum untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan adalah orang lain. Kita tidak bisa sukses atau bahagia tanpa orang lain. Untuk itulah dalam berkomunikasi kita perlu belajar tertarik pada orang lain dan melayani orang lain.
Komunikasi didasari adanya hubungan antar manusia. Maka butuh ilmu berurusan dengan orang lain dengan suatu cara tertentu supaya ego kita dan ego mereka tetap utuh.
Institut Teknologi Carnegie mendapatkan hasil penelitian bahwa 15% kesuksesan dicapai dengan latihan teknik, otak, dan keterampilan. Sementara 85%-nya karena faktor kepribadian, kemampuan untuk berurusan dengan orang lain secara sukses.
Keterampilan di bidang apapun sangat tergantung pada pemahaman dan penguasaan atas prinsip dasar umum tertentu, seperti mengetahui apa yang dilakukan, tetapi juga memahami mengapa itu harus dilakukan. Prinsip dasar dalam berurusan dengan orang lain bukanlah tipu muslihat, namun pengetahuan tentang sifat dasar manusia.
Berurusan dengan orang lain akan berhasil baik bila kita camkan dalam pikiran hal-hal berikut ini: kita semua egois, kita semua lebih tertarik kepada kepentingan kita sendiri daripada apapun juga lainnya di dunia, setiap orang yang Anda temui ingin merasa penting dan ingin “unggul dalam sesuatu”, ada keinginan besar pada setiap manusia untuk mendapatkan persetujuan dari orang lain agar ia menyetujui dirinya sendiri.
Sumber gambar: wallstreetenglish.com
Berikut ini adalah beberapa tips untuk mahir dalam berurusan dengan orang lain:
- Cara efektif berurusan dengan pembuat keributan:
a. Membantu orang lain lebih menyukai dirinya.
b. Memberi makan egonya.
c. Hindari sikap merasa lebih unggul dan menggurui.
d. Orang bertindak atau tidak bertindak, terutama untuk meningkatkan egonya.
- 3 cara untuk membuat orang lain merasa penting:
a. Pikirkan bahwa orang lain penting
Seseorang dapat memiliki pengaruh paling positif dengan orang lain adalah yang berkeyakinan bahwa orang lain itu penting.
b. Perhatikan orang lain
Orang merasa diberi penghargaan besar bila diakui bahwa dirinya penting, yang bersangkutan menjadi lebih ramah, lebih bersedia bekerja sama dan benar-benar mau bekerja keras.
c. Jangan merasa menjadi majikan orang lain
Godaan ini selalu ada. Jangan berusaha memenangkan pertengkaran kecil.
- 6 cara untuk membuat orang lain menyukai Anda:
a. Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain. Bukan dengan berusaha memberi kesan kepada orang lain.
b. Tersenyumlah. Senyum mendorong semangat, alat pengajaran yang jauh lebih efektif daripada hukuman.
c. Nama seseorang bagi yang bersangkutan merupakan suara paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun.
d. Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang lain untuk berbicara tentang diri mereka. Ajukan pertanyaan yang orang lain akan senang menjawabnya.
e. Bicaralah mengenai minat orang lain.
f. Buat orang lain merasa penting. Lakukan dengan tulus.
Tips terakhir yang paling penting, apalagi bila kita menjadi pemimpin, adalah menjawab pertanyaan “Bagaimana mengubah orang lain tanpa menyinggung atau membangkitkan kemarahan?
1. Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur
2. Beritahu kesalahan orang lain dengan cara tidak langsung
3. Bicarakan kesalahan Anda dulu sebelum mengkritik orang lain
4. Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberi perintah langsung
5. Biarkan orang lain menyelamatkan muka
6. Pujilah peningkatan sekecil apapun dan pujilah setiap peningkatan
7. Beri orang lain reputasi yang baik untuk mereka penuhi
8. Gunakan dorongan. Buatlah kesalahan tampak mudah diperbaiki.
9. Buat orang lain senang mengerjakan hal yang Anda sarankan
* Artikel ini diadaptasi dari materi Dra. Hj. Okky Asokawati, M.Si. (Alumnus SD Tarakanita 2 dan SMP Tarakanita 1 Jakarta) saat memberikan pelatihan komunikasi untuk guru-guru KB-TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tarakanita Nasional. Okky aktif sebagai narasumber di berbagai seminar kepribadian dan kesehatan. Selain itu, ia adalah Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Perempuan Lintas Profesi sejak tahun 2016 sampai sekarang dan Ketua DPP Partai Nasdem di bidang kesehatan hingga tahun 2024 nanti.
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment